Selasa, 21 Juni 2011

Tugas Akhir Perancangan Aplikasi


Alhamdulillah setelah Tugas Akhir Java Mobile (J2ME), program dan dokumentasinya yang harus dicetak dan dijilid selesai serta pencarian tempat Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang paling cocok dengan keahlian ditemukan, akhirnya saya bisa lagi nulis di blog tercinta ini, he..Ya memang kedua tugas ini cukup menyita waktu dan perhatian saya selama satu minggu kemarin. Berikut sedikit cerita mengenai pengalaman saya dalam mencari tempat Praktek Kerja Industri (Prakerin). Jauh-jauh hari sebelum kedua Tugas Akhir yang saya kerjakan di kelas XII semester genap ini selesai, pihak sekolah telah mengumumkan bahwa jadwal Praktek Kerja Industri (Prakerin) untuk siswa kelas XIII tahun ajaran depan yang semula biasanya dilaksanakan pada bulan Oktober s/d Januari dimajukan menjadi bulan April s/d Oktober. Tentunya keputusan ini secara tidak langsung menyuruh kami calon kelas XIII tahun ajaran depan untuk bersegera mendapatkan tempat Prakerin yang paling cocok dengan keahlian. Pencarian pun dimulai, saya bersama beberapa teman melakukan survey ke beberapa perusahaan, dinas pemerintahan, dan software house yang ada di kota Bandung. Dan akhirnya setelah beberapa kali memohon persetujuan kepala program keahlian, bolak-balik memohon surat pengajuan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di bagian Hubungan Industri (Hubin), dan berpetualang menelusuri padatnya jalan kota Bandung. Akhirnya pada hari jum’at kemarin, saya bersama kedua teman saya diterima di sebuah software house di daerah Cibaduyut dan Insya Allah senin depan kami akan mulai Prakerin di tempat tersebut..:)

Kembali ke judul postingan ini yaitu Tugas Akhir Perancangan Aplikasi. Sebenarnya tugas akhir ini melalui kegiatan yang hampir sama ketika saya mencari tempat Prakerin, bedanya di tugas akhir ini saya mencari tempat yang cocok untuk saya bangun sistem komputerisasinya disana. Pilihan tempat pun jatuh di sebuah objek wisata anak-anak yang cukup terkenal dan cukup lama berdiri yaitu “Taman Lalu Lintas AISN Bandung”. Pengerjaan tugas akhir pun dimulai dengan melakukan survey langsung ke tempat tersebut, disana saya bertemu dengan Ibu Prapti dan menanyakan beberapa pertanyaan seputar Taman Lalu Lintas AISN Bandung yang meliputi Sejarah Taman Lalu Lintas AISN Bandung, Struktur Organisasi dan Job Description Taman Lalu Lintas AISN Bandung, dan Deskripsi Sistem Informasi Sarana Mainan yang sedang berjalan di Taman Lalu Lintas AISN Bandung. Berhubung rencana tugas akhir yang pada waktu itu akan saya bangun adalah “Sistem Informasi Sarana Mainan Taman Lalu Lintas AISN Bandung Berbasis Website” disana juga saya mengumpulkan data-data untuk pengerjaan tugas akhir tersebut berupa foto-foto sarana mainan yang ada disana.

Setelah melakukan survey, pengerjaan tugas akhir pun dilanjutkan dengan melakukan pembuatan rancangan aplikasi atau sistem informasi yang akan dibangun meliputi :
1. Perancangan Proses, terdiri dari Flowmap (Komputerisasi), Diagram Konteks (Context Diagram), Diagram Aliran Data (Data Flow Diagram), dan Kamus Data (Data Dictionary).
2. Perancangan Basis Data (Database), terdiri dari Struktur Tabel dan Relasi Tabel.
3.  Perancangan Menu, terdiri dari Struktur Menu dan Form.
4.  Perancangan Laporan.

Berikut tampilan beberapa rancangan sistem informasi yang akan saya buat :
1.    Flowmap (Komputerisasi)


Salah satu rancangan sistem informasi diatas merupakan flowmap yang sudah terkomputerisasi, flowmap ini dibuat dengan mengacu pada flowmap sistem informasi sarana mainan yang sedang berjalan di Taman Lalu Lintas AISN Bandung.

2.    Diagram Konteks (Context Diagram)


Salah satu rancangan sistem informasi diatas merupakan diagram konteks (context diagram) yang akan dibangun.

3.    Diagram Aliran Data (Data Flow Diagram) 


Salah satu rancangan sistem informasi diatas merupakan diagram aliran data (data flow diagram) atau sering kita menyebutnya DFD yaitu DFD level-0 dari sistem informasi yang akan saya bangun.

Dalam pembuatan rancangan sistem informasi ini, tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kedua Guru Pembimbing Mata Pelajaran Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi saya yaitu Ibu Rina Pujiati, S.ST selaku Guru Pembimbing I dari SMK Negeri 4 Bandung dan Bapak Drs. Wuryanta selaku Guru Pembimbing II dari SMK Negeri 4 Bandung yang telah bersedia memeriksa, mengoreksi, dan membenarkan rancangan sistem informasi yang saya buat.

Bagi teman-teman yang ingin melihat lebih lengkap rancangan sistem informasi yang saya buat silahkan klik disini atau bagi teman-teman yang ingin melihat tampilan jadi dari sistem informasi ini silahkan klik disini. Terima kasih telah membaca, mohon maaf bila tulisannya agak tidak enak dibaca, maklum baru belajar menulis, he..please comment and see you at the next post..:)

1 komentar:

  1. nice post :).. tolong uploud lagi rancangan sistem informasi yang telah dibuat. karena tidak bisa di download lagi

    BalasHapus