Kamis, 09 Juni 2011

Aplikasi Kamus Istilah Komputer Dan Informatika

Masih seputar tugas akhir yang telah saya selesaikan, bedanya tugas akhir mata pelajaran Java ini saya kerjakan pada semester ganjil kelas XII yang lalu. Berikut sedikit ceritanya, tak terasa akhir semester ganjil telah mendekat dan seperti biasa kami siswa kelas XII jurusan rekayasa perangkat lunak di SMKN 4 Bandung harus sudah mulai memikirkan apa yang menjadi judul tugas akhir kami nanti, karena memang syarat dari pengajuan setiap judul tugas akhir itu tidak boleh sama dengan teman sekelas, teman antar kelas, juga tidak boleh sama dengan judul yang sudah diajukan oleh kakak-kakak kelas terdahulu. Ya memang cukup membuat otak ini kewalahan untuk memikirkan judul yang berbeda dari yang sudah ada, sampai-sampai teman ada tuh yang gak mandi-mandi dan gak makan-makan gara-gara mikirin judul doang, sampai segitunya yah, he...Gak ketang bohong and terlalu berlebihan itu mah, he...Ya walaupun kelihatannya berat terutama untuk adik-adik kelasku, karena kalian juga harus memikirkan judul yang berbeda dari judul-judul yang telah diajukan oleh kakak-kakak kelas kalian ini, tapi tenang saja masih banyak judul-judul yang belum terungkap dan terkuak untuk kalian ambil. Setidaknya ini merupakan sebuah pelajaran bahwa kita harus pintar-pintar mencari peluang, mencari pemikiran baru, dan jangan menyerah.

Kembali ke tugas akhir, setelah cukup lama memikirkan judul, akhirnya diterima juga pengajuan judul tugas akhir saya yaitu “Aplikasi Kamus Istilah Komputer Dan Informatika”. Sesuai dengan judulnya, pengertian singkat dari aplikasi ini yaitu aplikasi yang menyediakan istilah-istilah di bidang komputer dan informatika beserta pengertiannya. Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi ini yaitu :
1.Mempermudah pengguna dalam mencari istilah-istilah di bidang komputer dan informatika.
2. Mempermudah pengguna dalam mengetahui dan memahami istilah-istilah di bidang komputer dan informatika.

Berikut tampilan dari aplikasi ini :
1.    Tampilan Form Pencarian


Form ini merupakan form utama dari aplikasi ini yang mana di form ini pengguna bisa mencari istilah-istilah di bidang komputer dan informatika dari A-Z dan mendapatkan pengertian atau penjelasan dari istilah-istilah yang dicarinya.

2.    Tampilan Form Manage Data Entry


Form ini merupakan form khusus untuk pemilik aplikasi yang mana untuk mengakses form ini, pemilik aplikasi harus melalui proses login terlebih dahulu baru kemudian pemilik aplikasi bisa memanage atau mengatur istilah-istilah meliputi menambahkan istilah baru, mengedit istilah yang sudah ada, dan menghapus istilah tidak perlu atau tidak penting yang ada di aplikasi ini.

Dalam pembuatan aplikasi ini, tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kedua Guru Pembimbing Mata Pelajaran Java saya yaitu Bapak Drs. Purwanto S.ST, M.T selaku Guru Pembimbing I dari SMK Negeri 4 Bandung dan Bapak Kurnia Jaya Eliazar selaku Guru Pembimbing II dari SMK Negeri 4 Bandung.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba aplikasi ini silahkan klik disini untuk mengunduh. Demikianlah Tugas Akhir Java I yang sudah saya selesaikan di kelas XII semester ganjil ini. Jangan lupa tinggalkan komentar dan  sampai jumpa di posting selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar