Selasa, 07 Juni 2011

Aplikasi Belajar & Bermain Sistem Bilangan Berbasis Java Mobile (J2ME)


“Aplikasi Belajar & Bermain Sistem Bilangan Berbasis Java Mobile (J2ME)” adalah suatu aplikasi media pembelajaran (mobile learning) mengenai sistem bilangan. Kira-kira begitulah definisi dari Tugas Akhir Java II yang sedang saya selesaikan di kelas XII semester genap ini. Aplikasi ini membahas khusus materi mengenai sistem bilangan mulai dari definisi sistem bilangan, teori sistem bilangan, dan konversi sistem bilangan. Sesuai dengan nama aplikasi ini yaitu “Aplikasi Belajar & Bermain Sistem Bilangan Berbasis Java Mobile (J2ME)”, aplikasi ini tidak hanya menyajikan materi mengenai sistem bilangan saja akan tetapi aplikasi ini menyajikan permainan seputar sistem bilangan, dengan tujuan pengguna tidak jenuh terus-menerus belajar dan pengguna bisa terhibur dengan permainan yang ada di aplikasi ini.

“Aplikasi Belajar & Bermain Sistem Bilangan Berbasis Java Mobile (J2ME)” ini terdiri dari 2 menu utama yaitu Belajar dan Bermain. 


Di dalam menu utama Belajar terdapat 3 sub menu yang berisi materi-materi mengenai sistem bilangan yaitu Definisi, Teori, dan Konversi. Sub menu Definisi berisi materi mengenai Definisi Sistem Bilangan. Sub menu Teori berisi materi mengenai macam-macam sistem bilangan beserta pengertiannya mulai dari Sistem Bilangan Desimal, Sistem Bilangan Biner, Sistem Bilangan Oktal, dan Sistem Bilangan Heksadesimal. Sub Menu Konversi berisi materi lengkap mengenai Konversi Antar Sistem Bilangan beserta Simulasi Konversinya.


Di dalam menu utama Bermain terdapat sub menu Mulai untuk memulai permainan dan sub menu Bantuan untuk melihat petunjuk permainan.


Di dalam permainan ini disajikan 10 pertanyaan seputar konversi sistem bilangan dan tugas pengguna atau pemain menjawab pertanyaan tersebut sekaligus mencari jawabannya diantara banyaknya pilihan jawaban yang disediakan. Setiap pertanyaan yang terjawab dengan benar, pemain akan mendapatkan skor 10 dan setiap pertanyaan yang terjawab dengan salah, nyawa pemain akan berkurang 1 dari 3 nyawa yang diberikan. Permainan akan berakhir apabila waktu 60 detik yang diberikan untuk menjawab seluruh pertanyaan habis, apabila 3 nyawa pemain yang diberikan habis, dan apabila pemain mampu menjawab 10 pertanyaan yang diberikan sebelum waktunya habis. Diharapkan dari aplikasi ini pengguna dapat Belajar & Bermain Sistem Bilangan dengan materi-materi dan permainan yang ada di dalamnya.

Dalam pembuatan aplikasi ini, tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kedua Guru Pembimbing saya yaitu Bapak Drs. Purwanto S.ST, M.T selaku Guru Pembimbing I dari SMK Negeri 4 Bandung dan Bapak Kurnia Jaya Eliazar selaku Guru Pembimbing II dari SMK Negeri 4 Bandung.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba aplikasi ini, silahkan klik disini untuk mengunduh. Demikianlah Tugas Akhir Java II yang sedang saya selesaikan ini. Jangan lupa tinggalkan komentar dan  sampai jumpa di posting selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar