Jumat, 04 November 2011

Solusi Mengatasi Pembajakan Lagu Atau Musik


Pembajakan merupakan salah satu musuh bebuyutan terbesar yang sudah lama menyerang hampir seluruh industri rekaman lagu atau musik baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.Seperti yang telah kita ketahui di Indonesia pembajakan lagu atau musik sudah marak terjadisejak era sebelum tahun 1990, dimana pada saat itu internet merupakan sesuatu hal yang masih langka bagi sebagian besar masyarakat penikmat musik di Indonesia ditambah dengan masih dirasa mahalnya harga Kaset atau Compact Disc (CD) lagu atau musik original/asli pada masa itu, sehingga hal ini berakibat memunculkanide dan niat jahat dari para pembajak lagu atau musik untuk memperbanyak/membajak lagu atau musik tanpa izin pemegang Hak Cipta serta menjualnya kepada masyarakat luas dengan harga yang murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat mulai dari masyarakat kalangan atas sampai dengan masyarakat kalangan menengah kebawah.

Selanjutnya, semenjak lagu atau musik dengan format MP3 diperkenalkan di masyarakat, maka terjadi fenomena dimana lagu-lagu atau musik-musik dengan mudah di “Copy-Paste” alias “Diperbanyak” secara ilegal ditambah dengan berkembangnya situs-situs yang memberikan layanan penyimpan data atau file secara gratis di internet, sehingga marak sekali kegiatan upload dan download lagu atau musik di internet. Untuk mengatasi hal ini diperkenalkanlah metode DRM (Digital Rights Management) yang merupakan teknologi akses kontrol yang membatasi dan mengontrol sebuah file yang digunakan, dimainkan, di share maupun di copy untuk melindungi Hak Cipta agar terhindar dari pembajakan dan penggandaan ilegal. Sederhananya metode DRM (Digital Rights Management) ini akan memproteksi setiap track lagu atau musik yang diedarkannya dalam bentuk digital, sehingga tidak bisa di “Copy-Paste” atau dipindahtangankan. Namun ternyata menurut sebagian besar pembeli lagu DRM (Digital Rights Management), teknologi ini sedikit menyulitkan dikarenakan sistem DRM (Digital Rights Management) membatasi portabilitas dari lagu legal yang mereka miliki. Akan tetapi hal ini telah diantisipasi oleh MelOn Indonesia dengan menciptakan sebuah fitur yang sangat menarik yaitu MelOn Player. Maksudnya ? Nanti saya jelaskan lebih lengkap... :)

Selanjutnya, teknologi yang tidak kalah hebat dan menarik dengan metode DRM (Digital Rights Management) yaitu iCloud. Apakah iCloud itu ? Menurut wikipedia bahasa Indonesia, iCloud merupakan layanan komputasi awan terbaru yang dipublikasikan oleh Apple Inc. dalam acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco. iCloud memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan Komputer secara otomatis pada waktu bersamaan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mem-back up data secara manual. Terus apa hubungannya dengan solusi mengatasi pembajakan ? Hmm...Jadi iCloud menyadari bahwa memberantas pembajakan itu merupakan pekerjaan yang sangat berat dan hampir mustahil dilakukan melihat maraknya pembajakan yang saat ini terjadi. Sehingga dari kesadaran itu Apple Inc. sebagai pemilik iTunes memilih untuk menawarkan “legalisir” track lagu yang tidak dibeli melalui iTunes yang kemungkinan besar merupakan lagu atau musik bajakan. Oh...Terus bagaimana proses “legalisir” nya ? Hmm...Jadi dalam proses sinkronisasi iCloud tadi, akan dilakukan juga pendeteksian mana lagu yang resmi di beli di iTune Store dan mana lagu yang berasal dari sumber lain. Nah lagu yang berasal dari sumber lain itu dan ada padanannya di dalam katalog iTunes, Apple Inc. akan menawarkan untuk “menukar” lagu tersebut dengan lagu versi resmi yang berkualitas lebih baik dan tentunya berbayar. Proses inilah yang dinamakan proses “legalisir” itu. Gimana hebat bukan ? Pastilah, Steve Jobs pemikirnya. Namun sayangnya, layanan ini belum tersedia untuk konsumen Indonesia, jadi mendingan kita pakai metode DRM (Digital Rights Management) yang diterapkan juga di MelOn Indonesia. Demikianlah beberapa solusi yang bisa kita gunakan untuk mengatasi pembajakan lagu atau musik, sekarang seperti yang telah saya janjikan sebelumnya kita akan membahas fitur-fitur hebat dan menarik yang ada di MelOn Indonesia seperti MelOn Player tadi. Cekidot Guys !!!

Sudah nDengerin MelOn Hari Ini ?


MelOn Indonesia atau kepanjangan dari Melodi Online Indonesia ini merupakan salah satu portal yang concern dan peduli akan Hak Cipta Kekayaan Intelektual terutama di bidang lagu atau musik. Di dalam website ini kita bisa mendengarkan dan mengunduh ratusan ribu koleksi lagu Nasional (Indonesia) maupun Internasional (Barat, Korea, Chinese, dan Japanese) yang original atau asli dan tentunya berbayar. Dengan mengunduh/mendownload lagu original/asli dari website ini, secara tidak langsung kita telah mendukung upaya pemerintah dalam hal penegakan hukum terhadap pelanggaran Hak Cipta terutama di bidang lagu atau musik.

Ada fitur-fitur hebat dan menarik yang disajikan di dalam website ini, khusus untuk para penikmat lagu atau musik yang sangat menghargai dan mengapresiasi akan Hak Cipta suatu karya atau ciptaan dan tentunya pro terhadap penegakan hukum terhadap pelanggaran Hak Cipta lagu atau musik ini, fitur-fitur hebat dan menarik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Layanan Musik Tanpa Batas, di dalam fitur ini kita bisa menikmati fasilitas download dan streaming musik apa saja yang kita minati, sepuasnya apa yang kita inginkan dan tentunya tanpa batas.


2. Free Trial, di dalam fitur ini kita bisa menikmati layanan gratis MelOn ketika kita baru saja mendaftar dan bergabung di dunia musik MelOn. Layanan gratis MelOn ini berlaku selama 2 minggu bagi pengguna Telkomsel & Flexi yang mendaftar, sedangkan yang mendaftar hanya melalui email mendapatkan layanan gratis MelOn juga selama 1 minggu.


3. Katalog Lagu Terbesar, pantas bila dikatakan MelOn merupakan katalog lagu terbesar yang ada di Indonesia karena di dalam fitur ini kita bisa menikmati ratusan ribu koleksi lagu Nasional (Indonesia) dan lagu Internasional (Barat, Korea, Chinese, dan Japanese) yang original atau asli.

4. MelOn Player, inilah yang menjadi keunggulan dari website MelOn serta yang membedakan website MelOn dengan website-website lainnya. Di dalam fitur MelOn Player ini kita bisa merasakan pengalaman baru download dan streaming beberapa lagu sekaligus (multiple download and streaming) serta kemudahan transfer lagu dari Personal Computer (PC) ke Handphone (HP), USB Storage, dan Portable Media Player lainnya. Di dalam fitur MelOn Player ini juga kita bisa mendengarkan lagu kita di Handphone dengan menu Sync yang ada pada MelOn Player.


Demikianlah fitur-fitur hebat dan menarik yang disajikan di dalam website MelOn Indonesia ini sekaligus menutup pembahasan kita kali ini mengenai Solusi Mengatasi Pembajakan Lagu Atau Musik. Kita semua berharapsolusi-solusi ini bisa menjadi penyelamat bagi industri lagu atau musik dari kejahatan pembajakan. Stop Pembajakan !!!

Referensi :

1 komentar: